Google Search

Custom Search

Friday 6 September 2013

Jenis Menara Pemancar Sinyal Telekomunikasi Seluler



Menara pemancar yang digunakan secara umum dapat digolongkan ke dalam tiga jenis, yaitu:

Self - Supporting Tower, adalah menara yang memiliki pola batang yang disusun dan disambung sehingga membentuk rangka yang berdiri sendiri tanpa adanya sokongan lainnya.

Guyed Tower,  adalah jenis menara yang disokong dengan kabel-kabel yang diangkurkan pada landasan tanah, menara ini disusun atas pola batang sama halnya dengan self-supporting tower, akan tetapi menara jenis guyed tower  memiliki jenis dimensi batang yang lebih kecil dari pada jenis menara selfsupporting tower.

Monopole menara ini adalah jenis menara yang hanya terdiri dari satu batang atau satu tiang yang didirikan atau ditancapkan langsung pada tanah. Dari penampangnya menara tipe monopole ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Cilcular-pole, adalah jenismonopole ini memiliki diameter penampang /panel yang seragam dari bawah sampai atas.
  • Tapered-pole  seperti Gambar 4 adalah jenis monopole ini memiliki ukuran diameter penampang yang bervariasi yaitu diameter yang digunakan semakin keatas akan semakin kecil.

Jenis menara Guyed Tower dan Monopole biasanya memiliki ketinggian menara lebih rendah dari menara pemancar jenis self-supporting tower dan dirancang untuk menerima beban-beban yang lebih ringan dari pada jenis menara pemancar selfsupporting tower, sehingga kedua jenis menara pemancar ini tidak dapat menerima beban seperti beban antena yang memiliki dimensi dan berat yang besar.

Ketinggian suatu menara pemancar biasanya mulai dari 20 – 120 meter ketinggian dari menara pemancar tersebut didasarkan atas kebutuhannya serta jangkauan dalam menerima sinyal, menara pemancar komunikasi mempunyai beberapa macam kegunaan yaitu menara pemancar untuk radio AM (Amplitudo Modulasi), radio FM ( Frekuensi Modulasi ), dan BTS (Base Transmite Satelite). Selain itu juga lokasi dimana menara pemancar itu berada sangat mempengaruhi terhadap terhadap struktur menara tersebut.

No comments:

Post a Comment