Google Search

Custom Search

Tuesday 9 February 2016

SITAC : Mencari Kandidat Lokasi Tower BTS Telekomunikasi Seluler

Menentukan lokasi yang akan dibangun tower BTS tidak sesulit yang Anda bayangkan, cukup dengan menggunakan tools  GPS dan software peta dan topologi  contohnya mapinfo dan google earth.


Pada dasarnya setiap Tower BTS memiliki 3 Antenna sektoral dengan arah yang berbeda. Arah setiap antenna sektor inilah yang akan mendapat layanan telekomunikasi. Setiap sektor mencakup area yang lebarnya 60 derajat. Setiap sektor ini kemudian disebut sebagai cell yang memiliki area cakupan masing – masing. Di Smartphone Android dengan menginstal aplikasi G-Net Track, kita bisa melihat cell ID yang menunjukkan kita sekarang di-handle oleh cell mana.

Setiap operator, akan berusaha memaksimalkan agar pendapatan di ketiga sektor BTS-nya optimal.Namun dalam beberapa kasus, ada beberapa BTS yang optimal misalnya hanya 2 arah yang mana BTS tersebut misalnya untuk meng-cover jalan raya sementara daerah di sekitarnya merupakan hutan/perkebunan yang jarang penduduk sehingga cukup 2 antenna sektor untuk mengcover jalan raya tersebut.
Langkah pertama mencari kandidat lokasi BTS adalah survey lapangan dengan GPS.  Misalnya kita akan membangun tower di daerah A maka yang pertama dilakukan adalah mengetahui, misalnya ada berapa desa di daerah A, seluas apakah masing-masing desa itu dan terakhir adalah jarak antara desa di daerah tersebut. Maka saat survei, kita akan menelusuri desa-desa tersebut. Kemudian, setiap kumpulan pemukiman akan kita berikan tanda di GPS, misalnya jika dalam 20 meter rumah-rumah tidak putus, kita berikan tanda di GPS.  Hal ini akan memberikan gambaran seberapa padat desa tersebut. Kemudian, di setiap desa, setiap jalan di desa tersebut kita telusuri/tracking sambil terus memberikan tanda jika ada pemukiman atau tempat – tempat penting, seperti : Balai Desa, Sekolah, Masjid, Pabrik, Pasar dan lain – lain. Sehingga kita bisa mengetahui desa tersebut seluas apa, dan apakah ada potensi pasar di desa tersebut. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keberadaan layanan seluler di daerah tersebut. Diutamakan adalah untuk mencover daerah yang belum ada layanan seluler dari tower-tower yang sudah ada di sekitarnya.

Titik yang kita tentukan pertama kali, bisa jadi berubah – ubah karena misalnya jarak desa A ke desa B memenuhi syarat tetapi jarak desa A ke desa C terlalu jauh. Sehingga titik tersebut harus di geser lagi.  Titik yang didapatkan, yang memiliki jarak relatif sama antar desa, kita sebut titik kandidat. 
Titik kandidat ini adalah referensi awal dan masih bisa berubah. Perubahan titik misalkan karena : Tidak ada kesepakatan harga sewa lahan dengan pemilik lahan, jalan akses yang sulit, titik tersebut merupakan tanah fasilitas umum warga yang tidak bisa digunakan seperti Masjid atau Balai Desa, atau bisa juga karena topologi titik tersebut pas di daerah lembah sehingga jika dipasang tower akan kurang maksimal. 
Hal – hal tersebut menjadi sebab dilakukannya pergeseran titik. Biasanya ada toleransi sekitar 200 m dari titik awal jika memang dilakukan penggeseran. Jika merupakan daerah pegunungan maka hasil survei akan dilihat menggunakan google earth untuk mengetahui topologi daerah tersebut. Juga bisa dilakukan simulasi perkiraan coverage BTS dengan mengambil titik tersebut sebagai referensi.
Sehingga jika titik tersebut merupakan lembah, bisa dilakukan penggeseran ke arah dengan lokasi yang lebih tinggi.Setelah titik tower didapatkan kemudian adalah menentukan arah ketiga sektor BTS tersebut. Arah sektor ini tentu menyasar ke pemukiman penduduk ataupun daerah lain yang akan dijadikan pasar layanan seluler.

Lain lagi, ketika ada permintaan untuk lokasi towerbaru, bukan hanya masalah teknis lokasi yang pas atau keberadaan kompetitor utama di lokasi tersebut yang menjadi dasar sebuah pertimbangan pembangunan tower. Pada dasarnya harus ada hitungan bisnis nya. Karena bagaimana pun juga Operator Telekomunikasi Seluler adalah sebuah entitas bisnis yang tetap menghitung rugi laba dalam setiap aktivitasnya. Apalagi saat ini kompetisi antar operator sangat ketat, margin kecil dan penetrasi pasar yang mulai jenuh. Belum lagi ditambah kondisi ekonomi yang sedang melemah. Kadangkala pada kasus tertentu hitungan bisnis ini dikesampingkan misalnya saat operator menjalankan kewajiban dari pemerintah untuk menjalankan Public Service Obligation (PSO) yaitu pembangunan tower di daerah terpencil yang belum terjangkau layanan telekomunikasi, permintaan kepala daerah dan lain – lain. Baiklah disini untuk sementara kita kesampingkan dahulu hal demikian. Kita asumsikan pembangunan tower ini tanpa campur tangan pemerintah.
Capital Expenditure (CAPEX) 
Seperti investasi lainnya, hal pertama yang dihitung adalah biaya atau cost. Pertama adalah cost dari  CAPEX. Cost ini adalah biaya awal saat pembangunan tower. Hanya yang masuk komponen ini seperti misalnya :
  • Civil Mechanical Electrical : Tower, Shelter, Power Supply (Permanent Genset, PLN, Solar Cell, Rectifier ), semua aksesoris (alarm, AC, dll), biaya instalasi.
  • Perangkat BTS : Antenna BTS, module – module BTS, biaya instalasi, commissioning, integrasi dengan BSC, jaminan spare part.
  • Perangkat transmisi : Antenna Microwave, IDU, ODU, biaya instalasi.
  • Site Acquisition (SITAC) : Sewa lahan dan berbagai perizinan.
Operational Expenditure (OPEX)
Selain CAPEX, ada juga Operational Expenditure (OPEX) yakni biaya operasional yang diperkirakan dikeluarkan selama beroperasinya BTS tersebut dalam jangka waktu tertentu sesuai masa depresiasi perangkat.
1. Network Cost 

Biaya Izin Siaran Radio (ISR) yang seperti kita ketahui setiap perangkat, baik BTS maupun transmisi, yang memancarkan frekuensi maka perlu memiliki izin tersendiri.
Biaya power : Estimasi biaya langganan PLN, biaya pembelian solar BBM, maintenance genset, dll. Sebagai gambaran, jika BTS tersebut memakai PLN multiguna yakni tanpa kWh meter maka PLN akan memberi tagihan sekitar 6 jtan per bulan. Jika bukan multiguna maka sekitar 3 – 4 jt per bulan. Biaya power akan lebih besar jika site tersebut menggunakan genset. Operator ‘diharuskan’ membeli solar dengan harga solar industri. Jika dalam setahun dibutuhkan BBM sekitar 15.000 liter dengan harga per liter solar industri sekitar Rp. 13.000 maka untuk BBM saja butuh sekitar Rp. 195 jtan. Belum biaya operasional genset seperti penggantian filter solar dan oli, dan penggantian sparepart yang rusak.
2. Biaya Transmisi  
Misalnya karena lokasi terpencil maka BTS tersebut perlu menggunakan transmisi VSAT (Very Small Aperture Terminal) melalui satelit dan timbul biaya sewa VSAT jika operator tersebut tidak memiliki kapasitas satelit yang cukup. Sebagai gambaran, biaya sewa link sebesar 2 E1 sekitar 900 jtan per tahun. Dan link sebesar itu hanya sesuai untuk layanan 2G meski bisa dipaksa 2G + 3G dengan 3G sangat minimalis.
3. Biaya sales 
Sebagus apapun lokasi tower jika tanpa aktifitas penjualan di sana maka yaa tetap tidak bisa memaksimalkan pendapatan. Biaya sales bisa diambil dalam prosentase terhadap revenue, misalnya sebesar 30 % dari total revenue per tahun.
 

Average Revenue Per User (ARPU)
Setelah komponen – komponen biaya seperti CAPEX dan OPEX diketahui maka yang tak kalah penting yang perlu diketahui adalah berapa estimasi revenue yang akan didapatkan dari investasi tersebut. Acuan paling mudah adalah Average Revenue Per User (ARPU). ARPU ini biasanya akan selalu muncul dalam setiap
laporan keuangan triwulan dan tahunan setiap operator seluler. Beberapa tahun terakhir, nilai ARPU beberapa operator hanya berkisar Rp 25 – 30 an ribu per pelanggan per bulan. Artinya rata – rata pelanggan mengeluarkan biaya membeli pulsa sekitar Rp. 30an ribu.
 

Contoh kasus :
Misalnya, kita miliki CAPEX yang misalnya kita asumsikan Rp. 3 M dan OPEX misalnya Rp 250 jt untuk power, Rp 900 jt untuk transmisi VSAT, dengan asumsi tower dibangun di daerah terpencil yang jauh dari lokasi tower terdekat, dan Rp 50 jt untuk sales dan total Rp 1,2 M per tahun maka kita tinggal hitung berapa revenue sebagai targetnya. Langkah selanjutnya adalah penghitungan Business Case. Output dari Business case ini adalah diketahui berapa IRR (Investment Rate of Return) dan NPV (Net Present Value). IRR dalam persen dan NPV dalam rupiah. Hal yang ingin diraih adalah jika IRR mencapai nilai minimal 20 % per tahun. Jika terlalu tinggi misalnya sampai 100 % maka malah tidak masuk akal. Untuk kasus CAPEX sekitar Rp. 3 M dan OPEX sebesar Rp 1,2 M selama 8 tahun. Nilai IRR 21 % didapat dengan asumsi revenue per tahun sebesar Rp 2,2 M selama 5 tahun dan kemudian menurun 20 % pada tahun ke 6 sampai 8. Revenue Rp 2,2 M selama setahun ini setara dengan Rp 191 jt per bulan. Atau jika ARPU adalah Rp 30 rb maka nilai Rp 191 jt per bulan ini akan diraih oleh sekitar 6400 pelanggan. Jika asumsi kita tidak memakai VSAT maka OPEX menjadi Rp 300 jt dan IRR 20% akan dicapai saat revenue per tahun sebesar Rp 1,4 M yang akan diperoleh dari 3900 pelanggan dengan ARPU Rp. 30 rb per bulan. 
Jika pelanggan sejumlah 6400 atau 3900 orang tersebut tidak tercapai dalam radius layanan tower BTS yang kita ambil rata – rata 5 – 8 km dari tower dengan Asumsi paling kasar dengan menghitung jumlah kepala keluarga dalam radius tersebut maka IRR dengan nilai sebesar itu bisa diperoleh dengan beberapa cara seperti berikut :
1. Meminimalkan Cost

Misalnya jika ada perusahaan daerah di lokasi tersebut maka operator bisa bekerjasama dengan perusahaan tersebut untuk menggunakan lokasinya dan jika bisa perusahaan tersebut memberikan juga supply power ke tower.
2. Meningkatkan ARPU 
Saat jumlah total pelanggan tidak mungkin tercapai, bisa diberikan tawaran berlangganan layanan secara pascabayar dari operator, misalnya kepada perusahaan tambang untuk mendaftarkan semua karyawannya berlangganan pasca bayar.
3. Memperbanyak Pelanggan Corporate
Dengan semakin banyak pelanggan corporate maka akan mendongkrak ARPU BTS di lokasi tersebut, sehingga tower tersebut tidak hanya memberi layanan seluler buat masyarakat umum tetapi juga memberi layanan akses data ke perusahaan yang berlangganan corporate dengan operator.

Meski tidak selamanya akurat, operator biasanya juga akan melihat profile tower – tower di sekitar tower BTS yang diusulkan tersebut. Apakah high traffic? Berapa cost rata – ratanya? Berapa availability-nya? Berapa rata – rata pelanggannya?  Hal ini juga akan menjadi pertimbangan bagi operator dalam menentukan posisi BTS yang akan dibangun nya.

202 comments:

  1. Saya pengen di desa saya ada tower jaringan xl desa saya sangat membutuhkan..buat komunikasi yg bagus ..smoga ada bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau tempat kita di bikin tower hubungi

      Delete
    2. Sya ada lahan daerah bangkalan madura cocok untk di bangun BTS hub wa/tlp 082301439616

      Delete
    3. saya ada lahan untuk di sewakan pembangunan tower BTS di kabupaten Bone Sulawesi Selatan dekat kampus Batari. Hub wa/tlp 0823-4394-8821

      Delete
    4. Mohon infonya,saya ada lokasi misal bisa d sewakan buat tower BTS. (Di selatan pasar Mranggen arah Ungaran,kab Demak.
      Yang satu d Semarang Deket graha Padma)

      Delete
  2. Kab.purwakarta desa parungbanteng kp.cibodas . ini desa yg sangat butuh jaringan yg bagus buat komunikasi yg bagus

    ReplyDelete
  3. Saya punya lahan untuk tower BTS
    HUBUNGI:085720085764

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya lahan untuk tawor dan di kampung saya tidak ada sama sekali tawor ny jadi hubungi saya di wa 087814822551

      Delete
  4. Saya ada lahan kosong di magetan

    ReplyDelete
  5. di sewakan lahan untuk tower bts lokasi strtegis depan jalan desa linggamukti kecamatan darangdan purwakarta no wa 081283456246

    ReplyDelete
  6. Di tempat kami untuk jaringan seluler untuk telp dan data kurang maksimal dengan alamat desa kumain kec.tandun kab. Rokan hulu provinsi riau...

    ReplyDelete
  7. saya butuh bts xl untuk di pulau gili raja jaringan kurang normal .
    083848036494

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ada lahan lokasi desa aweh di kab. lebak Rangkasbitung Banten pinggir jalan desa pas bukit cocok buat bts. didaerah tersebut kec. kalang anyar telkomsel, dan mentari, m3 sinyal jelek... 085216254695

      Delete
  8. Sya punya tanah untuk di kontrakan di lombok tengah kec.batukliang desa bujak disini sinyal kurang 081932906016

    ReplyDelete
  9. Ditempat saya prnh mau di bangun untuk Smartfreen cm g jd udah setahun lalu disekitar blm ada tower mungkin jika minta lokasi di banyuwangi muncar desa sumbersewu cp. 081216707278

    ReplyDelete
  10. Saya ada lahan pak.di sekitaran desa saya gk ada tower jadi susah bangt untuk sinyal.lok di kab magelang untuk desa kami d daerah gunung sumbing

    ReplyDelete
  11. Bismillah

    Saya mempunyai lahan tanah , insyaaAllah bisa buat tower jika ada yang mencari buat tower dan lain lain

    Lokasi kami lombok barat,
    Desa dasan geria, lingsar
    Bisa whatsapp kami yaa 085778991753

    ReplyDelete
  12. Ass.
    Sy ada lahan di Tajur halang Citayam Depok perbatasan Bogor
    From Ahmad sohib 081287340714
    From Ahmad sohib

    ReplyDelete
  13. LAHAN TOWER BTS DAERAH PANDANSARI PONCOKUSUMO MALANG, SEMUA SINYAL DISANA LEMAH. HUBUNGI: 082137400643

    ReplyDelete
  14. Daerah saya belum ada dapat jaringan sama sekali
    Untuk mencari jaringan sangat susah
    Terkadang harus mencari ke tmpat yang lebih tinggi
    Wa:082284364193

    ReplyDelete
  15. Saya punya lahan untuk bts di wilayah kab.sukabumi...dan disini belum ada pasilitas bts nya...
    Hub...wa..081251127047

    ReplyDelete
  16. Saya punya lahan... Lokasi dibekasi,saya ingin sewakan..... Wa 081806808939 (bambang)

    ReplyDelete
  17. Saya punya lahan untuk di sewakan daerah desa batukuwung kec padarincang kab serang hub wa 085924100279

    ReplyDelete
  18. Di kampung,kampung cibungaok desa cibodas kecamatan palabuhanratu kab sukabumi blom ada tower dan saya punya tanah strategis untuk pembangunan tower no wa 081316746095

    ReplyDelete
  19. Saya punya lahan (Telkomsel blom masuk) untuk di sewakan daerah desa mandalawangi kec. mandalawangi kab. pandeglang telp./WA 082140500405

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum. Barangkali Bapak berminat mendirikan BTS di Jonggol, di daerah Cimenyan? Mohon hub saya

    ReplyDelete
  21. saya juga ada untuk daerahh sumatra sumatra barat padang pariaman sicincin dan tiku .. padat penduduk kebutuhan layanan komunikasi meningkat ... hub:y (082129111924)

    ReplyDelete
  22. Saya ingi menyewakan tanah saya untuk tower si daerah tiga raksa. Tolong petunjuk.

    ReplyDelete
  23. saya punya lahan untuk tower di daerag genteng banyuwangi. silahkan hubungi 085234727852

    ReplyDelete
  24. Saya memiliki lahan untuk BTS. wilayah Sidoarjo Jawa Timur.
    Hub. 085230002626

    ReplyDelete
  25. Saya memiliki lahan untuk tower bts, wilayahnya di provinsi riau tepatnya di kota dumai, lokasi lahan sangat cocok untuk membangun tower karna masyarakat setempat membutuhkan jaringan/sinyal yg bagus. Minat hubungi nomor 0852 6369 1504

    ReplyDelete
  26. Saya memiliki lahan untuk tower bts, wilayahnya di provinsi riau tepatnya di kota dumai, lokasi lahan sangat cocok untuk membangun tower karna masyarakat setempat membutuhkan jaringan/sinyal yg bagus. Minat hubungi nomor 0852 6369 1504

    ReplyDelete
  27. saya menyewakan lahan di desa bungah, kecamatan bungah, kabupaten gresik,?di area situ sangan cocok untuk di bangunnya BTS dikarenakan lokasi yang tinggi alias dataran tinggi dan listrik sudah ada, minat Hub 082245263016

    ReplyDelete
  28. saya ada 2 lahan nih daerah kecamatan tapos kota depok
    hub.085720085764

    ReplyDelete
  29. Saya ada lahan di daerah desa lengkong kec. Wanasari kab. Brebes. Hub. 081542092921

    ReplyDelete
  30. Saya ada lahan di daerah desa lengkong kec. Wanasari kab. Brebes. Hub. 081542092921

    ReplyDelete
  31. Saya ada lahan di daerah desa lengkong kec. Wanasari kab. Brebes. Hub. 081542092921

    ReplyDelete
  32. Saya ada lahan di daerah desa lengkong kec. Wanasari kab. Brebes. Hub. 081542092921

    ReplyDelete
  33. Saya ada lahan di daerah desa lengkong kec. Wanasari kab. Brebes. Hub. 081542092921

    ReplyDelete
  34. Di desa sy butuh BTS TOWER ALL PROPIDER tepat nya di KP ANGEREMAN RT 01/10 DS KERTAJAYA KEC RUMPIN KAB BOGOR

    ReplyDelete
  35. Kontak 085883518313 di kampung sy butuh BTS all kartu tepat ny d KP ANGEREMAN RT 01/10 DS KERTAJAYA KEC RUMPIN KAB BOGOR

    ReplyDelete
  36. Tolong dong lahan sy d lanjutkan tanpa perantara lagi di jl raya ciputat- parung gg asem rt 1 rw 9 kedaung sawangan depok depan mall of sawangan / honda pradana...trima kasih untuk tim sitac......

    ReplyDelete
  37. Agan saya punya tanah untuk d sewa tower bts lokasi d cilacap jawa tengah jln pelem jeruklegi kulon,karna d wilayah jeruklegi kulon all operator jaringan susah semua,ini no kontak saya 082213506210

    ReplyDelete
  38. Saya berminat menyewakan lahan utk dipakai BTS, kebetulan di daerah tsb masih blank spot.
    Silahkan hubungi sy di no +62818228070 -( sy sebagai pemilik lahan tsb ).
    tks

    ReplyDelete
  39. Saya punya lahan buat tower bts menghrapkan sinyal yg baik ..lokasi katangwuni, kragan, gondangrejo,karangayar .hub 082172207277

    ReplyDelete
  40. Saya menawarkan lahan daerah kp. Lobang suksmurni balaraja

    ReplyDelete
  41. menawarkan lahan buat tower bts di daerah kab.bandung ds.sukasari kec.pameungpeuk hub.085352649855

    ReplyDelete
  42. Lokasi bagus dan luas untuk tower BTS lokasi ciruji banjarsari lebak. Banten hub. 085366140904

    ReplyDelete
  43. sya punya lahan cukup luas buat pemasangan tower daerah kab.situbonda,kec.asembagus, desa perante. jika minat hubungi 085336080307

    ReplyDelete
  44. Saya punya lahan dicibarusa hub 081287645400

    ReplyDelete
  45. Saya ada lahan di desa sukaraya cikarang utara bisa di sewakan untuk tower jika minat bisa hubungi no 08128453742 terimakasih

    ReplyDelete
  46. Kalo dibutuhkan saya adalahan desa kedungpring kabupaten lamongan bisa hubungi 081349544688

    ReplyDelete
  47. Sy pya lahan dekat the park sawangan depok jabar mall cocok untuk bts tower hub.081997857751

    ReplyDelete
  48. Sy pya lahan dekat the park sawangan depok jabar mall cocok untuk bts tower hub.081997857751

    ReplyDelete
  49. Sy pya lahan dekat the park sawangan depok jabar mall cocok untuk bts tower hub.081997857751

    ReplyDelete
  50. Saya ada d kawali kab.ciamis minim sinyal.085755431648

    ReplyDelete
  51. Saya ada di daerah jetis, mayang, gawok sukoharjo, jateng. Wa 085728744204

    ReplyDelete
  52. Saya ada di daerah majalengka kecamatan talaga desa argasari

    Hub:087763725489

    ReplyDelete
  53. saya mempunyai lahan dijetis mojokerto Hub:085784245544

    ReplyDelete
  54. Saya juga Ada tanah di sebelah lokasi sdh ada BTS. Tanjung jabung barat Jambi.

    ReplyDelete
  55. Permisi bapak/ibu desa kami penuh dengan penduduk letaknya di dusun kosedan desa tanjungsari barat kecamatan Cikaum kabupaten Subang signal yang bagus dari Telkomsel z karena da towernya pdahal kuota mahal lebih murah Indosat...karena Indosat blm ada towerdi kampung kami...oleh larena itu saya menawarkan lahan pas untuk tower luas tanah 20 bata....hubungi pemilik tanah saya sendiri di no 085314460065....saya sangat suka Indosat..terimakasih.

    ReplyDelete
  56. Saya ada tanah kosong luas +/- 300 m2. Desa lengkong kec. Wanasari kab.brebes barang kali untuk di bangun tower.hub. 081542092921

    ReplyDelete
  57. saya punya lahan buat masang BTS, Indomaret dan Alfamart juga bisa. Lokasi di Sulawesi selatan Daerah Watampone (BONE) Jalan majang deket kampus Keperawatan.. Cp 082343948821

    ReplyDelete
  58. Sy ada lahan strategis bukit kota,dekat pasar sentral,universitas,sekolah.
    Sulsel kab.wajo sengkang kota
    No.hp 085240336968

    ReplyDelete
  59. Sy ada lahan strategis bukit kota,dekat pasar sentral,universitas,sekolah.
    Sulsel kab.wajo sengkang kota
    No.hp 085240336968

    ReplyDelete
  60. Saya ada 2 lahan yg berbeda tempatnya, lokasi Ngabean Bola, dan Limbangan kabupaten kendal, Jawa Tengah.No.hp: 087853689088

    ReplyDelete
  61. Kalo ada yg mau sewa lahan buat tower bts. Sy punya lahan buat di sewakan. Di kec.cikarang timur kab. Bekasi dn di kec.jonggol kab. Bogor timur jika ada yg minat hubungi nomor wa sy di email yahoo

    ReplyDelete
  62. 2 tempat berbeda lahan saya siap di sewakan di kec. Cikarang timur kab.bekasi dan di kec.jonggol kab.bogor timur silahkan hubungi di no hp dan wa 0852 1187 3229

    ReplyDelete
  63. 2 tempat berbeda lahan saya siap di sewakan di kec. Cikarang timur kab.bekasi dan di kec.jonggol kab.bogor timur silahkan hubungi di no hp dan wa 0852 1187 3229

    ReplyDelete
  64. Dear Admin : saya memiliki lahan roof top di area Parakansalak kemang bogor ada beberapa jaringan signal vendor yang masih kurang baik,bersedia menyewakan lahan tsb,silahkan hubungi 087873901515

    ReplyDelete
  65. Dikontrak tanah milik aki saya untuk pembuatan tower kalo ada yang minat hubungi kami lokasi dukuh nambo desa kalapian hub :083813069310

    ReplyDelete
  66. Di kontrakan tanah milik saya untuk tower bts
    Lokasi kp Garahieum ds jayanti no wa 083806842580

    ReplyDelete
  67. Bila perlu lahan bisa ditempat kita pak.daerah serang banten desa Cikande pak.kebetulan lumayan dekat pasar,disini juga masih kurang jaringan buat simpati,XL sama jaringan lainnya.barang kali minat.no wa 081357522570.trimakasih.

    ReplyDelete
  68. Bila perlu lahan bisa ditempat kita pak.daerah serang banten desa Cikande pak.kebetulan lumayan dekat pasar,disini juga masih kurang jaringan buat simpati,XL sama jaringan lainnya.barang kali minat.no wa 081357522570.trimakasih.

    ReplyDelete
  69. Kalo minat di desa medal krisna kec. Bojong mangu kab. Bekasi.
    Sayya ada lokasi hak milik
    No waa. 085892145069

    ReplyDelete
  70. Ass.bpk/ibu yg butuh lahan buat tower jaringan seluler .perbatasan tangerang serang .saya mau kontrakan terima kasih .hubungin 0895335699161/081294065255.

    ReplyDelete
  71. Ass... saya mau sewakan lahan saya untuk tower.
    lokasi parung panjang bohor desa. Gorowong
    hubungi saya di no 081310889348

    ReplyDelete
  72. Ass... saya mau sewakan lahan saya untuk tower.
    lokasi parung panjang bohor desa. Gorowong
    hubungi saya di no 081310889348

    ReplyDelete
  73. Dear admin,lokasi cocok untuk pemasangan BTS daerah Cikande Serang Banten pak.barangkali minat untuk pemakaian lahan,siap kita kondisikan pak.luas tanah 700m2.kntak wa 081357522570.salam.

    ReplyDelete
  74. Berapa sewa tanah untuk mendirikan toyer/tahun? Dan bagaimana cara pembayaran sewa tanah?

    ReplyDelete
  75. Saya ada lokasi cocok buat tower, di area persawahan, Monggo bisa di cek langsung tempatx
    Bisa japri saya di 081358051819

    ReplyDelete
  76. Saya punya lahan luas daerah ponorogo timur tptnya didaerah siman tmptnya tinggi akses mudah sekitr blm ada tower klu sekira ada pnyewa hbgi 085234410779 lokasi siman ponorogo jawa Timur

    ReplyDelete
  77. Ada lahan 3000 m hub karangpring sukorambi jember hub 087780970106

    ReplyDelete
  78. Saya punya lahan tanya kosong seluas 200m diwilayah Parung panjang Tangerang, kampung kandang. Di kampung kami susah sekali sinyal. Hubungi 089602756354

    ReplyDelete
  79. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  80. Disewakan lahan untuk BTS di wilayah dramaga, ciampea, cibungbulang, dan leuwiliang, Kabupaten Bogor.

    Lokasi lahan cukup luas dan strategis, dapat diakses kendaraan besar. Di sekitar, sudah banyak permukiman warga, berbagai pertokoan, kantor pemerintahan, bahkan salah satu kampus terbesar di Indonesia juga ada di sini.

    Bagi bapak/ibu Team Operator Seluler maupun Team SITAC yang ingin menyewa lahan untuk pendirian BTS, dapat menghubungi saya di nomor 0856 9594 6268 untuk survey. Mumpung masih ada lahannya, keburu disurvey team sitac yang lain. Terima kasih

    ReplyDelete
  81. Assalammualaikum,salam sejahtera,jika ada ada yang membutuhkan lahan untuk membangun BTS di daerah Tegal kabupaten lebak siu duren sawit raya.jalan ini jalan alternative ke kota kota lain nya seperti ke arah purwokerto jalur selatan.terutama untuk signal indosat,xl,3, sangat susah untuk berkomunikasi karena kurang nya penempatan BTS.kebanyakan masyarakat setempat/kelurahan duren sawit menggunakan provider di atas.kebetulan lahan saya di tengah tengah dari wilayah tersebut untuk mencakup area luas masyarakat setempat dan para pendatang dr luar kota yang bisa menggunakan komunikasi yg lancar.tanpa harus mencari cari sinyal
    .sekiranya bisa menghubungi saya di nomer 08170778631 jakarta.

    ReplyDelete
  82. Di tempat saya susah jaringan 4 G nya.. tepatnya di daerah bantarsari kec.pabuaran Sukabumi. Saya akan menyewakan lahan saya. Hub. 085794908682

    ReplyDelete
  83. Di desa sy blm ada tower
    Dan sy ada lahan untuk tower
    Tepatnya di desa krosok, kec sendang, kab tulungagung, jatim
    Wa.me/6281553626700

    ReplyDelete
  84. Assalamualaikum. Di desa saya jauh dari tower. Sinyal 4G sangat susah, padahal bnyak pelanggan dri berbagai operator, terutama indosat dan telkomsel ada juga xl. Saya ada lahan kosong di pinggir jln raya. Tepatnya di desa Tangkisan kec.mrebet. kab purbalingga, jawa tengah. Saya akan menyewakan untuk pemasangan tower. Silahkan hubungi 085641194660

    ReplyDelete
  85. Saya ada lahan kosong 2 tempat yg satu luas 2850 m2 yg satu 170 m2 yg bisa disewa utk pembangunan tower/ BTS didesa botomulyo, cepiring, kendal hubungi 081225201083

    ReplyDelete
  86. Saya ada 2 lahan kosong bisa disewakan utk pembangunan tower/ BTS lokasi didesa botomulyo, cepiring, Kendal luas tanah 2850 m2 dan 170 m2 hubungi 081225201083.

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. Saya ada lahan yang sangat bisa sekali disewa untuk pendirian toer/BTS, lahan tersebut tergolong dalam kategori lahan persawahan di area pedesaan. Saya sangat berharap bisa bersilaturahmi dengan operator/pihak berkepentingan dalam hal ini guna membahas lebih lanjut tentang lahan yang saya sebutkan. Yang dimana lahan tersebut memiliki kriteria sbb:
    1.samping jalur utama pedesaan (jalan mobil, truk dam dll tergolong roda empat bisa masuk)
    2.berjarak kurang lebih 50-100m an dari sekolahan, kantor desa, area pemukiman warga.
    3.berjarak lebih dari 5-7km atau bahkan lebih dari tower signal terdekat (soalnya saya tidak ahli dalam hal ukur-mengukur).
    Bila mana mungkin bisa ditindak lanjuti, kiranya bisa menghubungi nomor sy : 082313744454 (jika tidak aktif biasanya lagi saya carge). Atau e-mail malbhasori@gmail.com
    Dan semoga jika mana bisa berlanjut, semoga bermanfaat untuk saya dan area sekitar pada umumnya.
    terimakasih

    ReplyDelete
  89. Saya ada lahan tanah di Cileungsi, Kab Bogor.
    Posisi letak tidak jauh dari perapatan Cileungsi, yg tdk jauh dari Cibubur dan tmpt skitar semi kota.
    Luas tanah ada +- 300meter.
    Seminggu yg lalu sempat ada orang Indosat yg nawar sewa, namun tdk menemukan harga yg cocok.
    Disini sya promosikan mudah"an ada yg minat.
    Untuk harga / penawaran dan lokasi tepatnya.
    Bisa hubungi : 087764990012 / email : bojesz497@gmail.com
    Trimakasih .

    ReplyDelete
  90. Saya ingin menyewakan lahan untuk Tower BTS di Jl. Jamin Ginting Kabanjahe Kab. Karo Sumut. Bisa hubungi saya di 08116045130 atau email hy.purba@yahoo.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  91. Saya ingin menyewakan lahan untuk Tower BTS di Jl. Soekarno Hatta Pangonan Deyangan Mertoyudan Magelang (belakangan SDN DEYANGAN 1. Bisa hubungi saya di email aditya12tenang@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  92. Saya ada lahan di daerah dalatan,gawanan ,colomadu karanganyar bisa disurvey utk bts

    ReplyDelete
  93. Saya punya lahan DI DAERANG TANGERANG.DS CISOKA. PEMUKIMAN PADAT SINYAL KURANG.082114774678.MKS

    ReplyDelete
  94. saya ada lahan bisa disewakan buat BTS lokasi di kecamatan cibungbulang leuwiliang minat hub : 082110509213

    ReplyDelete
  95. punya lahan di daerah garut jawa barat sekitar 300m. lokasi startegis. minat 087889280726 terima kasih

    ReplyDelete
  96. Lihat lokasi real-time saya di Maps: https://maps.app.goo.gl/3hjqczf3nJMP9mBYA

    Wa 089677610518

    ReplyDelete
  97. saya ada lahan di dusun ngumbuk desa sendangharjo kecamatan karangrayung kabupaten grobogan jawa tengah.wa.081 390 760 688.

    ReplyDelete
  98. Saya ada lahan di jl raya mantup km.17
    Lokasi pinggir jalan 300 meter dari jl.provinsi barangkali butuh bisa hub.081555815115 kembangbahu Lamongan jawa timur

    ReplyDelete
  99. Saya ada lahan kosong di banjarnegra jawa tengah no.081329777000

    ReplyDelete
  100. Lokasi pasar kemis tangerang kp waru perlu penbahan tower karna jaringan nya lemot khusnya xl m3tri tri dan axis

    ReplyDelete
  101. Disewakan Dak Beton (LS : 150 Mtr) lantai 3 buat Titik BTS atau lain nya.
    Lokasi : POPO MOBIL Arteri Jl Panjang 8A. Kebon Jeruk JB 11550.
    Titik Koordinat : -6.199.840.106.768783

    Hub Popo : 0816837737

    ReplyDelete
  102. Disewakan Dak Beton Ls 150 mtr (12x13) lantai 3
    Lokasi Popo Mobil Jl.Arteri Panjang No.8a. Kebon Jeruk JB. 11550.
    -6.199.840.106.768783
    Hub : 0816837737 (Popo)

    ReplyDelete
  103. Saya ada lahan di tengah kota Pasangkayu, SULBAR,sangat cocok untuk tower BTS,apa lagi masih susah jaringan Indosat.
    No 085217703088

    ReplyDelete
  104. Saya ada lahan di tengah kota Pasangkayu, SULBAR,sangat cocok untuk tower BTS,apa lagi masih susah jaringan Indosat.
    No 085217703088

    ReplyDelete
  105. Saya ada lahan kosong didesa NAMPU kelurahan NAMPU kec.KARANGRAYUNG kab.GROBOGAN JATENG.
    No 0085225208049

    ReplyDelete
  106. saya ada lahan di desa karangkemiri k3camatan jeruklegi kabupaten cilacap jika berminat bisa hubungi saya 088215524511

    ReplyDelete
  107. Daerah skitar candi borobudur
    083146098673

    ReplyDelete
  108. Kami ada lahan untuk di sewakan di Gunung kidul ngawen silahkan surfei murah aja hub 081311582019 lahan sendiri

    ReplyDelete
  109. Sy ada lahan utk di sewakan di daerah jatimakmur pondok gede no yg bisa di hubungi 089510767997

    ReplyDelete
  110. Assalamualaikum,,,,
    Saya ada lahan tanah dibelakang rumah, luasnya lebih kurang p=13m L=10m,mau disewakan untuk tower, 1 Minggu yg lalu sudah datang 1 perwakilan operator,minta disewakan tpi belum cocok harga, untuk operator cell yg berminat, silahkan hubungi no hp saya hp: 0812 6259 6344, a/n. Ibu icha

    ReplyDelete
  111. sya ada lahan untuk dibuat tower karena lokasi strategis dan belum ada yg sebelumnya bisa hubungi 083827587568

    ReplyDelete
  112. Saya ada lahan tanah di desa tanon papar kediri kalo membutuhkan lahan untuk pembangunan tower siap untuk disewa, jika berminat bisa hubungi 081776429036

    ReplyDelete
  113. Saya ada lahan 3000 m² di jalan provinsi jalan utama dan tidak ada tower untuk area saya wonogiri dapan tanah sekolahan dn gapura masuk desa
    082110990286
    Tolong bantuanya yang kami harapkan untuk mempermudah telekomunikasi

    ReplyDelete
  114. Saya ada lahan untuk nangun tower di kroya kabupaten cilacap jawa tengah tlp 0895423732040

    ReplyDelete
  115. Saya ada lahan strategis utk BTS di ds mangunan lor kec kebonagung kab demak .tanah hak milik sendiri hp 082223332745

    ReplyDelete
  116. Saya ada tempat untuk disewakan membangun tower bts tepatnya didesa waypisang kec.waytuba kab.waykanan. hub.081271678696

    ReplyDelete
  117. Saya ada tempat untuk disewakan membangun tower bts tepatnya didesa waypisang kec.waytuba kab.waykanan. hub.081271678696

    ReplyDelete
  118. Saya ada tempat untuk disewakan membangun tower bts tepatnya didesa waypisang kec.waytuba kab.waykanan. hub.081271678696

    ReplyDelete
  119. Assalammu'alaikum
    Sy menawarkan lahan tanah utk disewakan pemasangan tower bts di daerah depok kebon duren dgn luas 368 info lebh lanjut tlp/wa 08989798238
    Terimakasih

    ReplyDelete
  120. Saya mu yewakan lahan buat pembangunan tower di daerah Lebak Banten hp 081519495486

    ReplyDelete
  121. Di kampung kami, sering sekali lost signal, Pdhl hny berjarak sekitar 4km dr Pusat kota ( alun-alun, kantor pemda,dll)
    Susah utk upload tugas, saat ikut zoom keuar masuk tnpa sebab, sad parah saat download YouTube, IG, WA dll
    Bisa hubungi no I 085328954432 Kedungsari Kec Purworejo kab Purworejo Jateng , sewa lahan utk tower

    ReplyDelete
  122. Saya punya lahan di daerah kp cihuni desa gunung hejo darangdan bisa untuk bts.hubungi wa 083816740181

    ReplyDelete
  123. Di daerah Indihiang Kotamadya Tasikmalaya ada lahan bersertifikat untuk di sewakan Provider dan kebetulan di wilayah tersebut Indosat dan Telkomsel Signal nya lemah. Silahkan hubungi saya Andri 085860837039

    ReplyDelete
  124. Ass...
    Saya ada tanah kosong untuk pembangunan tower di gorontalo
    No hp 085146065378

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass...
      Saya ada tanah kosong dan sudah bersertifikat sangat cocok untuk pembangunan tower lokasinya sangat strategis dekat dengan pasar, mesjid, kantor desa, kantor camat, sekolah, SPN yang berada di gorontala, kecamatan Tabongo, desa limehe timur
      No hp 085146065378

      Delete
  125. Bismillah...sy ad tanah kosong seluas kurleb 350m2, d daerah majalengka tepatnya d desa jatitujuh dkt bandara kertajati, sangat cocok utk tower exel krn d sana jaringan exel msh kurang bagus, berminat hub 087762718991

    ReplyDelete
  126. saya ada lahan di kp. Cikereteuw desa mekarjaya kecamatan banjaran kabupaten bandung jawa barat

    ReplyDelete
  127. Asslmualaikum...
    Ibu/bp sy juga ada lahan yg bisa di sewakan buat tower bts daerah brebes..
    Monggo barang kali minat bisa hubungi wa sy 0895391375365..
    Mksh��

    ReplyDelete
  128. Saya punya lahan luasnya 700m lokasi di Kuripan Ciseeng Bogor akses sekitar situ ke arah Bogor,BSD ,Tangerang JKT depok,daerah yg sdg berkembang ,sdh bnyk perumahan ,mungkin. Sdh ada 10 pengembang yg sdg bangun property disitu dan sebagian sdh ada yg dihuni ,saya menawarkan lahan luas 700m,barangkali minat bisa hubungi saya di 087782992826.mksh

    ReplyDelete
  129. SAYA ADA BANYAK TANAH KOSONG AREA LAMONGAN 085609711455

    ReplyDelete
  130. Saya mempunyai 2 lahan 300m di daerah pengasih kulon progo,yang saat ini sedang berkembang untuk Bandara YIA,monggo yg berminat untuk menyewa untuk pendirian BTS/TWOWER,bisa hubungi saya (Danto Rintoko/pemilik Hp:087845723117)

    ReplyDelete
  131. saya ada lahan di sukatani cikarang 60 m2 disewakan untuk BTS,hub.0811 3933003

    ReplyDelete
  132. Saya ingin menyewakan lahan untuk BTS di daerah Pondok Petir Tangerang, Jabar, Jl Kesehatan 200m, Contact Hadi123.gmp@gmail.com / hub: 0895 3222 94899

    ReplyDelete
  133. Saya punya lahan untuk pembangunan tower Riau,Kota Pekanbaru,Rimbo Panjang hub:081378787787

    ReplyDelete
  134. Saya ada lahan di daerah Wonosari Ngombol Purworejo, sebelah barat bandara NYIA Yogyakarta.
    Sinyal Telkomsel di daerah saya kurang bagus,apabila dari pihak Telkomsel akan membangun tower di daerah saya,maka saya bersedia menyewakan lahan saya.agar semua masyarakat di desa saya bisa tambah maju.matur nuwun
    Kontak saya 081228851779

    ReplyDelete
  135. Saya ada lahan di tangerang kp.rancalabuh 004/001 kec.kemiri cukup luas untuk bts tower
    Hub via wa 081297141568

    ReplyDelete








  136. SURAT PENAWARAN KONTRAK KERJASAMA

     

    Kepada YTH,

    BAPAK/IBU PIMPINAN

    PT.

             DI,                                              

          TEMPAT

     

    Perihal : Penawaran Jasa Penyewaan Mobil

    Dengan hormat, kami dari perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyewaan kendaraan roda empat (mobil) untuk melayani transportasi dalam negeri dan bernama ZAHIRA RENT CAR.

    Latar belakang berdirinya ZAHIRA RENT CAR karena terdorongnya rasa peduli kami dengan sarana transportasi yang ada, di dukung dengan armada yang handal dan pengemudi yang professional serta berpengalaman.

    Tujuan kami adalah menjawab kebutuhan konsumen untuk mendapatkan pelayanan terbaik dengan kendaraan yang memenuhi standar mutu sehingga konsumen dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

    Usaha kami berdiri sejak tahun 2013 dan berpusat di kota Makassar yang berlokasi di Jalan Syekh Yusuf Kompleks Kodam Katangka Blok B No. 6 Makassar. Kami menyediakan pelayanan sewa mobil dalam dan luar kota, perjalanan dinas kantor/bisnis, wisata, city tour, event, drob luar kota, dan antar-jemput bandara makassar.

    ZAHIRA RENT CAR berupaya menjadi salah satu perusahaan jasa transportasi yang memprioritaskan keselamatan, rasa aman dan kenyamanan dalam melayani konsumen.

    ZAHIRA RENT CAR juga akan berupaya menjadi perusahaan jasa transportasi yang terdepan sehingga keselamatan, kenyamanan, dan keamanan akan tercapai.

    Dalam surat penawaran ini, kami ingin menjelaskan jenis kendaraan yang kami sediakan, harga sewa, kontrak kerja dan cara pembayaran.

     

    Ø JENIS-JENIS KENDARAAN:

     

    NO.

    JENIS KENDARAAN

    DALAM KOTA

    LUAR KOTA

    1.

    Toyota Avanza/Daihatsu Xenia

    Rp.550.000

    Rp.750.000

    2.

    Kijang Innova

    Rp.750.000

    Rp.900.000

    3.

    Toyota Fortuner/Pajero Sport

    Rp.1.300.000

    Rp.1.500.000

    4.

    Toyota Camry                        

    Rp.1.300.000

    Rp.1.700.000

    5.

    Toyota Alphard                      

    Rp.2.400.000

    Rp.2.700.000

    6.

    HIACE

    Rp. 1.300.000

    Rp.1.600.000

    7.

    Bus pariwisata

    Rp.2.100.000

    Rp.2.600.000

    * Harga Sewa (pemakaian/hari sudah termasuk BBM dan Driver/12 jam),    kecuali luar kota.

     

    Ø KONTRAK KERJA

    -        Penawaran dan penjelasan kerjasama

    -        Penandatanganan dan tanda terima kendaraan (harian).

    Ø PEMBAYARAN

     

    -         BANK BRI

    NO REKENING : 3053-01-017797-53-7

    NAMA              : SULFIKAR

    KCP                    : SYECH YUSUF MAKASSAR

     

     

    CONTACT PERSON

     

    -    Nama                   :  SULFIKAR

         -   NO. HP/WA                : 085397503705

         -   Alamat Kantor    :JLN. Syekh Yusuf Komp. Kodam Katangka

     Blok B No. 6, Makassar

         -   EMAIL                  : zahirarentcar15@gmail.com

     

    Demikianlah surat penawaran kontrak kerjasama ini kami buat bersama dan kami juga berharap kedepannya dapat menjalin relasi dan hubungan yang baik, sekian dan terimakasih semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

     

                                                                    Makassar, 13 MARET 2021

                                                                                 HORMAT SAYA

     

                                                                                     SULFIKAR

     

     

     

     

     

     

     

     





    ReplyDelete
  137. disewakan lahan 700meter untuk tower BTS 35jt/tahun nego, di daerah Bantar gebang Bekasi. sudah ada survei titik untuk tower kebetulan saya tidak ada di rumah. lokasi sangat strategis. hub wa/telp:085311739799

    ReplyDelete
  138. di sewakan lahan untuk tower BTS 35jt/tahun nego, di daerah Bantar gebang Bekasi, sudah pernah ada survei titik tower BTS kebetulan saya tidak ada di rumah lokasi sangat strategis.
    Hub telp/wa:085311739799

    ReplyDelete
  139. V 20% dari harga sewa untuk pelantara.
    hub telp/wa:085311739799

    ReplyDelete
  140. Assalamualaikum bpk ibu saya ada lahan tanah daerah Subang Jawa barat mau di kontrakan di tempat saya baru ada satu tower pemasangan , Deket pegunungan Deket tempat wisata barang kali ada yg minat bisa wa 083870414778

    ReplyDelete
  141. Saya memiliki lahan untuk dijadikan tower di jogjakarta atas pantai parangtritis jaringan disana masih lemah perbatasan kabupaten bantul dan gunung kidul. Barangkali ada yg berminat hubungi 089652901383

    ReplyDelete
  142. Saya juga ingin menyewakan tanah untuk di jadikan tower lokasi kec Cisurupan desa pasir jeungjing luas tanah 110m2, barangkali ada yang berminat. Bisa hubungi ke : 083827451717

    ReplyDelete
  143. Saya ada lahan di deaa seneng kecamatan kruci,saya cocok untuk tower dipinggir jalan desa jika minat hubungi aaya 082334129489

    ReplyDelete
  144. saya ada lahan di kebonduren depok cocok untuk lokasi tower jika minat hubungi 08989798238

    terimakasih

    ReplyDelete
  145. Untuk lokasi Cililin-Bandung Barat, terkhusus Kp. Gombong Desa Budiharja.
    Sy ada lahan kosong dkt jln.

    Hub. No WA 083865301725 / 087825959483

    ReplyDelete
  146. Bagi perusahaan yg membutuhkan sewa lahan untuk di bangun tower saya ada lahan 11x15mtr area perbtasan demak kudus lebih tepatnya ds ngemplik wetan kec karanganyar. Info lebih lanjut wa 081910667880

    ReplyDelete
  147. Yth. Tim Sitac Project Set Tower BTS.

    Dengan hormat saya menawarkan lokasi tanah milik saya pribadi untuk disewakan yang terletak di Jl. H. Bonin Kp. Gili-Gili RT 001/005 Desa Sukajadi Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Jawa Barat Kode Pos 17630. Lokasinya depan SMPIT Bahrul Ulum dekat SDN Sukajadi 03.

    Dengan luas tanah 100m2 untuk lebar 10x10 dan luas tanah 300m2 untuk lebar 30x10.

    Terima kasih.

    Hormat saya,
    Indra Lesmana, ST., SH.
    (081290980504)

    ReplyDelete
  148. Saya punya tempat di sukabumi bisa ddi jadikan BTS.minat hubungi 085720309286

    ReplyDelete
  149. Saya punya 2 tempat klo minat buat BTS daerah godog Polokarto Sukoharjo TLP 081393231143

    ReplyDelete
  150. Saya ada lokasi di desa Indraloka 1 kec.way kenanga, Kab.Tulang bawang barat, Prov.Lampung. untuk anak anak belajar daring disini sangat susah sinyal Indosat ooredo. No Hp 082283453020

    ReplyDelete
  151. Lahan kosong :
    • Luas 250m²
    • Jatiwangi, Kab. Bekasi, Kec. Cikarang Barat
    • Sewa pertahun silahkan bisa nego
    • CP : 081373122362

    ReplyDelete
  152. Saya punya lokasi tanah kosong luas 422m di desa bojong mangu kab.bekasi
    CP. 082227006383

    ReplyDelete
  153. Saya punya 2 lahan lokasi untuk disewakan tower bts,alamat kec.buay pematang ribu ranau tengah kab.oku selatan.prov sumsel 32275 hp.085709722684

    ReplyDelete
  154. Barang kali,untuk perusahaan pendiri tower ada penambahan diwilayah, kecamatan sempor kabupaten kebumen.jawa tengah, saya ada lahan luas,untuk disewakan.hp 082138666506

    ReplyDelete
  155. Saya punya lahan dg ukuran 16x50m siap di sewakan utk tower lokasi lombok timur, kec,wanasaba. Desa bebidas
    No hp/wa 082340125911.
    Atau 087864272245

    ReplyDelete
  156. Sy punya lahan untuk disewakan di desa Cicadas kec gunung Putri dekat dengan cikeas bisa hubungi 081213481781

    ReplyDelete
  157. Saya punya lahan untuk disewakan di desa kalinongko kec loano kab Purworejo prop Jawa tengah hubungi 082242729825

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disewakan untuk tower lahan seluas 840 m di desa kalinongko kec loano kab Purworejo Jawa tengah hub 082242729825

      Delete
  158. Saya mau ngajuain lahan di kampung saya untuk di buat tower kp.cibandos ds.cokop sulanjana kec.waringin kurung kab.serang no wa 087787100736

    ReplyDelete
  159. Saya ada lahan unt sewa bts di secang magelang..081226481282

    ReplyDelete
  160. Sy juga ada tanah untuk di sewakan..
    Lokasi saya di sumber wringin Kabupaten bondowoso.
    WA: 082331275627
    Telp: 6282236211259

    ReplyDelete
  161. Sya ada lahan dan kurang sinyal di daerah sya, tmptnya di lampung
    Tlpn. 081278705968

    ReplyDelete
  162. Saya ada tanah didaerah menjer garung wonosobo wa 082138387401

    ReplyDelete
  163. Saya punya lahan daerah Sukabumi Selatan/Jampang yang cocok untu tower BTS info lebih lanjut hubungi wa 085798253957

    ReplyDelete
  164. Saya punya lahan di moncongloe lappara kabupaten maros ukuran 15 X 20 di sewakan bagi provider yang berminat hubungi : 082192764401 ( WA )

    ReplyDelete
  165. Punya tanah di daerah Cibodas,Jonggol,Bogor,mau disewakan buat tower BTS,bila berminat hubungi:085773301090

    ReplyDelete
  166. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  167. Saya punya lahan uang belum ada sinyal 3,smartfren, m3 lokasi oku selatan, sumse 085758319442

    ReplyDelete
  168. maaf..saya menawarkan sewa lahan.untuk bts.barang kali.tepat. cocok.tanggerang selatan .serpong utara.no tlpn.0882110002246.

    ReplyDelete
  169. Permisi Pak/Bu,
    Saya memiliki tanah seluas 6040m² berlokasi di Kp. Ngasuh, kec. Jasinga, kab. Bogor (tanah dipinggir jalan lintas kab. Bogor - Banten (menuju Rangkas Bitung)) dengan kor. 6deg 30'24"S 106deg 25'59"E. Bilamana lokasi tersebut dirasa mumpuni, strategis, dan potensi untuk penyewaan lahan bisnis, dapat menghubungi nomor berikut ini:
    Whatsapp: +62 8131 1144 258

    ReplyDelete
  170. saya punya lahan buwat BTS di cirebon kecamatan mundu desa penpen 0895423475463

    ReplyDelete
  171. Saya ada lahan tanah kosong seluas 126 meter, mungkin cocok untuk dibangun BTS, daerah ramai penduduk, lokasi Jalan Tanah Merdeka 10, rt14 rw 06 kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, provinsi DKI JAKARTA TIMUR,hubungi saya pemilik langsung lahan tanah kosong a/n ARMANSYAH 0812-1945-9218

    ReplyDelete
  172. Saya ada lahan tanah kosong seluas 126 meter, mungkin cocok untuk dibangun BTS, daerah ramai penduduk, lokasi Jalan Tanah Merdeka 10, rt14 rw 06 kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, provinsi DKI JAKARTA TIMUR, hubungi saya pemilik langsung lahan tanah kosong a/n ARMANSYAH 0812-1945-9218. Catatan: lokasi dekat TERMINAL KAMPUNG RAMBUTAN

    ReplyDelete
  173. Saya menyewakan tanah untuk tower bts atau bisnis lainnya. Lokasi lingkungan kebohan, kelurahan gununggedangan, kecamatan magersari, kota mojokerto 61315. Luas SHM 455m2 depan sudah ada bangunan. Sisa tanah sangat luas yg belakang, bisa untuk bisnis bangunan depannya ataupun disewa tanah saja yg belakang untuk tower bts dan lainnya. Hubungi wa/telf +62 0815-5372-3474 terima kasih

    ReplyDelete
  174. Saya menawarkan tanah di kalimantan Barat di kabupaten sekadau
    Dalam kota dataran tinggi aman banjir
    Hp. 082250645993
    Hp. 085822908114
    Luas 15x17

    ReplyDelete
  175. Assalamualaikum sy ad lahan kosong kurang lebih 150m di daerah susukan Citayam kec Bojong gede menyewakan tanah untuk tower BTS jika berminat hub 087720088278

    ReplyDelete
  176. Saya ada lahan di gorontalo utara cocok untuk pembangunan tower BTS jika mau hub 085240923074

    ReplyDelete
  177. Sewa lahan kosong dengan luas 100m2. Untuk tower bisa bgt. Lokasi kosambi tangerang salembaran hub yuli 0895-6050-99222

    ReplyDelete
  178. Saya ada lahan untuk disewakan untuk pembangunan tower
    Mohon respon positifnya🙏🙏🙏
    WA 085100165650

    ReplyDelete
  179. Saya ada lahan untuk disewakan untuk pembangunan tower
    Mohon respon positifnya🙏🙏🙏
    WA 085100165650
    Luas 540m²
    Dipingir jalan
    Dibawah gunung
    Padat penduduk

    ReplyDelete
  180. saya ada lahan bisa untuk tower BTS jl raya kangkung sumberejo mranggen demak, WA 081325752843

    ReplyDelete
  181. Saya ada lahan terutama operator indosat karena sinyalnya masih susah hub saya 085759946679

    ReplyDelete
  182. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  183. Lahan untuk tower BTS lokasi cikarang bekasi kabupaten
    088295702172

    ReplyDelete
  184. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  185. Saya menawarkan lahan untuk tower, berupa lahan persawahan luas 3247 m2 lokasi dekat dengan pemukiman warga, Lokasi daerah Dlanggu Kabupaten Mojokerto Jatim 085730003297

    ReplyDelete
  186. Saya ada lahan kebun disewakan untuk tower BTS, lokasi sangat strategis di Kel Sindangkasih Majalengka. Pinggir jalan dan di kelilingi perumahan penduduk. Dekat ke segala akses. No wa 082319933886

    ReplyDelete
  187. Saya punya lahan kebun yang disewakan untuk tower bts di Kel Sindangkasih Majalengka. Posisi sangat strategis di kelilingi perumahan warga. Dekat ke segala akses. 2,5 km dari pusat kota. No wa 082319933886

    ReplyDelete
  188. Disewakan tanah luas 1331m2 dengan riwayat pengolahan padi(tanah matang) dan sebagiannya bisa dijadikan kebun.
    Cocok untuk dibangun Tower BTS / Telekomunikasi(telco).
    Ada beberapa lokasi tanah yang kami sewakan dengan luas yang juga berbeda-beda.
    Perizinan bisa kami(keluarga) bantu.
    Bisa disewakan sebagian atau seluruhnya.
    Untuk harga sewa dan lebih jelasnya bisa silaturahim secara langsung atau hubungi terlebih dahulu via WA 082112880307

    ReplyDelete
  189. Saya ada lahan di daerah cianjur selatan, mau merekomendasikan lahan saya untuk pembangunan BTS daerah saya masih minim jaringan indosat jelek, smartfren jelek, masih minim jaringan untuk info lahan bisa hubungi wa 085692940064

    ReplyDelete